Selasa, 22 November 2011

Cara mempercantik blog.

Tips dan Trik Blog. Bagaimana Mempercantik Blog?
Punya  blog  yang cantik adalah keinginan setiap blogger.  Memiliki blog yang cantik dan eye catching memilikikeuntungan tersendiri. Mereka akan betah berkunjung di blog kamu. Jadi, bagaimana cara mempercantik sebuah blog?



Saya berikan 3 saran untuk mempercantik blog kamu.


Belajar HTML
Ini adalah saran pertama. Sebagai blogger, kamu harus tahu HTML. Kenapa? Karena blog pada dasarnya tersusun dari kode HTML. Walaupun sudah ada platform blogging yang bisa drag and drop seperti Weebly. Tapi untuk melakukan  tweak dan format template tertentu, kamu harus mengubek-ubek kode HTML-nya. Mengatur template memang bukan pekerjaan mudah. Saya sendiri belajar melalui proses coba-coba. Saya pikir, selama template dapat diback-up dan ada mbah Google sebagai tempat bertanya. Kenapa kita tidak belajar sendiri, walaupun sedikit.


Memilih Template
Ini adalah saran kedua. Di internet ada banyak penyedia template gratis yang dapat kamu coba. Tentunya pemilihan template ini subjektif. Tergantung dari kamu sukanya model template yang bagaimana. Untuk platform blogspot, kamu bisa mencari template di deluxetemplates.net dan btemplates.com


Menentukan Layout
Saran ketiga, tentukan layout. Layout secara sederhana adalah pengaturan gambar dan teks di blog kamu. Penentuan layout dipengaruhi oleh tujuan blog itu sendiri. Jenis-jenis layout ada beberapa macam:

  • Layout satu kolom, biasanya digunakan pada blog yang menonjolkan teks atau konten dari blog tersebut. Layout ini menghindari agar perhatian pembaca terganggu dengan adanya widget di sidebar. 
  • Layout dua kolom, merupakan layout standar. Layout ini memberikan tempat yang cukup untuk diisi konten, sekaligus dilengkapi link/widget yang berguna di sidebar. 
  • Layout tiga kolom, jenis layout ini biasa digunakan ketika blogger ingin menempatkan konten, widget dan iklan dalam satu halaman. Saran saya berikan ruang kosong antar elemen halaman untuk menghindari kesan penuh sesak pada halaman blog kamu.


Bagaimana? sudah dapat gambaran bagaimana mempercantik blog kamu. Bila masih bingung, saya punya saran terakhir. 

Sederhana
Upayakan desain blog kamu sederhana atau minimalis. Tanpa banyak elemen halaman yang mengganggu dan memperberat loading suatu halaman. Orang cenderung lebih menyukai sesuatu yang sederhana. Tampilan blog yang sederhana akan membuat pembaca lebih tertuju kepada konten dan informasi lain yang berguna bagi mereka. Percantiklah blog kamu untuk pembaca, bukan untuk diri kamu.

1 komentar: